Unsur-unsur Administrasi

    Menurut pendapat The Liang Gie dalam bukunya, Administrasi Perkantoran Modern (2009), administrasi merupakan suatu kebulatan proses penyelenggaraan kegiatan yang mengandung delapan unsur administrasi, yaitu pengorganisasian, manajemen, tata hubungan, kepegawaian, keuangan, perbekalan, tata usaha, dan perwakilan. Kedelapan unsur tersebut saling berkaitan dan membentuk kesatuan yang tak terpisahkan dalam menunjang seluruh proses kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Berikut adalah penjelasan terkait kedelapan unsur tersebut.

1. Pengorganisasian 
Pengorganisasian adalah rangkaian          perbuatan menyusun suatu kerangka        organisasi yang menjadi wadah bagi          setiap kegiatan dalam usaha kerja              sama mencapai tujuan yang telah              ditetapkan.

2. Manajemen
Manajemen adalah rangkaian                      perbuatan menggerakkan karyawan-        karyawan dan mengerahkan segenap        fasilitas kerja agar tujuan kerja sama        yang telah ditetapkan benar-benar            tercapai.

3. Tata hubungan
Tata hubungan adalah rangkaian                perbuatan menyampaikan warta dari        satu pihak kepada pihak lain dalam            usaha kerja sama.

4. Kepegawaian
Kepegawaian adalah rangkaian                  perbuatan mengatur dan mengurus          para tenaga kerja yang diperlukan              dalam usaha kerja sama.

5. Keuangan
Keuangan adalah rangkaian                        perbuatan mengelola segi-segi                    pembelanjaan dalam usaha kerja                sama.

6. Perbekalan
Perbekalan adalah rangkaian                      perbuatan mengadakan, mengatur            pemakaian, mendaftar, memelihara,          sampai menyingkirkan segenap                  perlengkapan yang sudah tidak                  diperlukan dalam usaha kerja sama.

7. Tata usaha
Tata usaha adalah rangkaian                         perbuatan menghimpun, mencatat,           mengolah, menggabungkan,                         mengirim, dan menyimpan                           keterangan-keterangan yang                       diperlukan dalam usaha kerja sama.

8. Perwakilan
Perwakilan merupakan rangkaian              perbuatan menciptakan hubungan            baik dan dukungan dari masyarakat          sekitar terhadap usaha kerja sama              yang dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Agenda Kearsipan